Skip to content

Sehat dan Rileks dengan Air

March 19, 2011

Sehat dan Rileks dengan Air

Oleh Sri Astutik (26 Januari 2011)

air-putihAir sangat penting bagi kehidupan, karena air merupakan kebutuhan primer yang tidak dapat ditinggalkan. Selain itu air juga merupakan sarana bermain yang sangat menyenangkan.

Terlepas dari nuansa bersenang-senang, air merupakan salah satu terapi yang baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Sebastian Kneipp, seorang pendeta yang pertama kali memperkenalkan terapi air, yaitu sekitar abad ke-19 silam. Kneipp kemudian membuat terapi air yang sangat populer, sehingga pada masa itu hampir seluruh Eropa dan Asia tergila-gila pada terapi ini.

Pada awalnya, Kneipp memanfaatkan sumber air di pegunungan. Ia menyarankan beberapa orang untuk mencoba berendam di dalamnya. Ada dua jenis sumber air, panas dan dingin, yang masing-masing memiliki manfaat sendiri. Misalnya, stimulasi pada otot-otot tubuh. Air berfungsi untuk melonggarkan otot-otot yang kaku, selain itu juga menstimulasi otot agar lebih lentur. Air dingin membantu memperlancar peredaran darah ke organ internal. Sedangkan air panas cenderung memberikan efek rileks. Memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh, dan membantu sirkulasi oksigen di kulit.

Karena manfaatnya yang begitu banyak, terapi ini kemudian berkembang dengan berbagai cara yang unik. Masing-masing daerah membantu perkembangan modifikasinya.

1. Sitz bath

Ada dua jenis bak, yang satu berisi air panas dan yang satunya dingin. Anda duduk di satu sisi bak, sedangkan kaki Anda di bak lain yang berisi jenis air yang berbeda. Kedengarannya aneh, tetapi teknik ini sangat disarankan bagi mereka yang memiliki problem premenstruasi, polip, dan konstipasi.

2. Mandi air hangat

Berendam selama 30 menit di dalam air hangat, dengan campuran garam, lumpur mandi, jahe, atau aroma terapi akan memberikan relaksasi yang sangat luar biasa. Efeknya tentu langsung terasa pada tubuh yang kembali segar. Dengan bahan-bahan tambahan, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda pada kecantikan kulit.

3. Sauna/ steam bath

Teknik ini merupakan teknik yang sering digunakan orang-orang di Asia. Dan sekarang tentunya banyak sauna-sauna dibangun di sarana kecantikan di kota-kota besar.

4. Compresses

Teknik ini pada umumnya lebih banyak digunakan di area wajah. Karena akan membuang banyak waktu jika harus mengkompres seluruh tubuh. Teknik kompres dengan air hangat biasanya diterapkan sebelum facial yang berguna untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di wajah. Kemudian dilanjutkan dengan pengompresan air dingin untuk menutup kembali pori-pori dan membuat wajah lebih segar.

5. Wraps

Teknik ini banyak digunakan di Eropa. Tubuh dibalut dengan handuk atau selimut yang telah diuapi. Manfaatnya sangat banyak, di antaranya dapat membantu menyembuhkan flu, bronkitis, kelelahan otot tubuh, penyakit kulit, dan infeksi.

Ada beberapa teknik yang belum cukup terkenal dilakukan di Indonesia. Namun teknik relaksasi dan penyembuhan dengan air ini bisa jadi salah satu teknik penyembuhan yang bisa diandalkan. Tak banyak risiko, dan pastinya terjangkau.

Sumber: Kebaikan Air Putih, Terapi Air untuk Penyembuhan, Diet, Kehamilan, dan Kecantikan Oleh A. S. Hamidin (Hal 128-130)

Kategori: Kutipan Buku
Topik:

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: